BEKATUL (RICE BRAN) YANG MENYEHATKAN

RICEBRAN-CENTER MITRA SEHAT ANDA SEPANJANGA MASA, MENYEDIAKAN BEKATUL KESEHATAN UNTUK SEMUA ORANG

Rabu, 27 Agustus 2014

DILUAR DUGAAN, BEKATUL MEMANG LUAR BIASA



BEKATUL UNTUK KESEHATAN MANUSIA
Ternyata masih sangat banyak anggota masyarakat kita terutama yang sejak kecil tinggal di perkotaan belum mengetahui barang apakah bekatul itu, boro-boro manfaatnya barangnya aslinya saja belum pernah tahu. Tapi kalau ditanya pakan ternak itu apa langsung dijawab dan tau salah satu bahan bakunya itu bekatul. Tetapi itu hal biasa karena masyarakat perkotaan sejak kecil tidak diperkenalkan dengan bekatul sebagai makanan manusia dan kenyataannya bekatul lebih banyak digunakan untuk pakan ternak.


Agar tidak tambah bingung apa dan mengapa bekatul saat ini banyak dicari orang, terutama untun mencegah terjadinya penyakit degeneratif seperti : diabetes mellitus (DM), kolesterol tinggi, grigliserida tinggi, hipertensi, asma dan masih banak lagi. Dari berbagai artikel yang pernah say abaca para ahli telah meneliti bekatul ini dan dinyatakan bahwa bekatul memiliki kandungan vitamin B15 (Pangamic Acid) yang paling tinggi. Vitamin ini berfungsi untuk menyempurnakan rangkaian proses meabolisme dalam tubuh. Selain itu, zat-zat gizi dan vitamin yang terkandung dalam Bekatul seperti vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B12, B15, inosital, fitat, asam ferulat, tokoferol, tokotrienol, dan orizanol merupakan elemen-elemen yang sangat esensial dalam sistem metabolisme tubuh kita.


Secara logika memang masuk akal jika bekatul ini dapat dijadikan makanan sehari-hari guna memelihara kesehatan kita, karenad alam bekatul sangat kaya akan kandungan karbohidrat 51-55 g/100 g, protein 11-13 g/100 g, lemak 10-20 g/100 g dan asam lemak esensial, dietary fibre (serat pangan untuk pencernaan), antioksidan seperti vitamin E Kompleks (tokoferol, tokotrienol, oryzanol) serta vitamin B Kompleks (B1, B2, B3, B5, B6, B12, dan B15).

Dari penelitian para ahli juga di temukan kandungan lain seperti :  zat-zat gizi dan vitamin tersebut, disamping itu juga mengandung fraksi-fraksi mineral yang sangat bermanfaat seperti: Kalsium Ca) 500700 mg/100g, (Magnesium (Mg) 600-700 mg,fosfor (f) .1000-2.200 mg/100g, Mangan (Mn), zat besi (Fe), Kalium (K), seng (Zn), dan lain-lain. Bahkan kandungan mata padi tiap 10 gram adalah: putih telur (3 g), lemak (1,2 g), Vitamin B1, B2 dan B3 (2,5 g), Vitamin E ( 1,8 g) Vitamin C (50 mg), Vitamin A ( 50 mg), Besi (20 mcg), magnesium ( 15 mcg) dan fosfor (I5 mcg ).


Bahkan bekatul juga mengandung vitamin E kompleks yang tergabung dalam kelompok Oryzanol; gamma oryzanol, tocopherol dan tocotrienol. "Gamma oryzanol, selain sumber tenaga, juga antioksidan tinggi, anti kanker dan anti-aging. Untuk diketahui saja bahwa di Amerika Serikat dan Australia, sudah dibuat suplemen yang bahan baku utamanya adalah bekatul. Sedangkan di Indonesia, masi terbatas untuk digunakan sebagai suplemen body building untuk mempercepat pembentukan otot,"


Demikian hebat kandungan bekatul yang selama ini menjadi barang inferior, apakah setelah dilakukan penelitian para ahli dan sudah banyak dibuktikan khasiatnya masih ada yang ragu terhadap kehebatan bekatul?. Saya sendiri sudah membuktikan sejak Mei 2012 dan hasilnya luar biasa, kadar gula darah menjadi normal, kolesterol normal, tensi normal dan trigliserida juga menjadi normal, padahal sebelumnya cenderung tinggi.

Sekarang ini cukup banyak orang muda yang terserang stroke dan meninggal sebelum usia 45 tahun. Fenomena ini dipicu adanya kebiasaan mengkonsumsi makanan yang tidak sehat. Modernisasi dalam pengemasan dan penyajian makanan yang disesuaikan dengan aktivitas di era modern ini ternyata kurang diimbangi dengan penanggulangan munculnya penyakit-penyakit degeneratif.

Karena sudah dilakukan penelitian terhadap bekatul baik di luar negeri maupun di dalam negeri dengan hasil yang mencengangkan sebagaimana diuraikan di atas, untuk itu buat apa ragu lagi untuk mengkonsumsi bekatul. Bekatul memang bukan obat, tatapi dapat mengurangi risiko terjadinya  penyakit diabetes mellitus, kolesterol tinggi, tekanan daran tingg, hipergliserida, asma dan menyempurnakan metabolisme yang bermuara pada kesehatan secara keseluruhan.

Tidak ada komentar: