BEKATUL (RICE BRAN) YANG MENYEHATKAN

RICEBRAN-CENTER MITRA SEHAT ANDA SEPANJANGA MASA, MENYEDIAKAN BEKATUL KESEHATAN UNTUK SEMUA ORANG

Selasa, 06 Januari 2015

BEKATUL ITU BUKAN DEDAK

INI BEKATUL TEKSTURNYA SANGAT HALUS
Ternyata masih banyak petanyaan yang muncul apakah bekatul itu sama dengan dedak, tentu saja tidak sama akan tetapi asal-usulnya yang sama yaitu beasal dari padi yang diproses menjadi beras.
Bekatul diperoleh dari proses penggilingan padi, adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
        1.    Padi yang sudah tua (waktunya dipanen) disawah kemudian dipanen.
        2.    Setelah dipanen biji padinya (gabahnya) dijemur diterik matahari sampai kering.
        3.    Gabah yang sudah dikeringkan kemudian diproses dengan mesin slep, dari mesin slep ini akan dihasilkan :
a.    Sekam (kulit padi), bahasa jawanya brambut, ini biasa dipergunakan untuk bahan bakar bata merah, diarangkan untuk pupuk sekam dll.
b.    Dedak, dedak ini terdiri dari sekam yang lembut dan bagian kulit ari beras yang kasar. Inilah yang banyak dipergunakan untuk pakan ternak, meskipun bekatul yang lembut juga dipergunakan pakan ternak. Mungkin ini yang membingungkan dan kemudian muncul pertanyaan apakan bekatul itu sama dengan dedak.
c.    Beras pecah kulit, beras pecah kulit adalah beras yang baru dikupas kulit luarnya (sekamnya) saja dan masih terbungkus kulit arinya (ricebran/ bekatulnya)
d.    Rice bran/bekatul, beras pecah kulit ini kemudian diambil bekatulnya, sehingga beras menjadi putih. Beras apapun warnanya setelah diambil kulit arinya atau ricebran/bekatulnya maka beras akan menjadi putih, meskipun ada beras tertentu yang mempunyai pengecualian.
e.    Bekatul yang diambil dari beras pecah kulit itulah kemudian dimasak dengan proses tetentu untuk dijadikan ricebran/bekatul untuk kesehatan.

INI DEDAK TEKSTURNYA SANGAT KASAR
Dengan demikian dapat disimpulkan bawa bekatul tidak sama dengan dedak, walaupun dalam dedak dimungkin terdapat bekatul tapi dalam bekatul dipastikan tidak terdapat dedak di dalamnya.
Pertanyaan lain yang sering muncul adalah “bekatul itu dibuat dari apa?”. Dengan membaca uraian tersebut di atas maka jelas sekali bahwa bekatul itu tidak dibuat dari sesuatu apalagi bahan kimia, akan tetapi diambil dari padi yang merupakan sumber bekatul. Padi yang dipergunakan untuk sumber bekatul inipun tidak sembarang padi, namun dipilih padi organik dan yang baru.
Lalu mengapa ricebran/bekatul ini menjadi penting untuk kesehatan manusia, karena berdasarkan penelitian para ahli dari Amerika, Jepang dan dalam negeri ditemukan bahwa dalam bekatul terkandung : Vitamin (B1, B2, B3, B5, B6 dan tokoferol); Pangamic acid (Vit. B15);  Serat pangan (dietary fiber), serta mineral; Natrium; Kalium; Khlor yang terkandung dalam bekatul mudah diserap dan dikeluarkan; protein; mineral; lemak atau asam lemak esensial;  Phytosterosis;  Polyphenois; Phospholipids; Beta-sitosterol; Co-enzyme Q10; Omega 3 Fatty Acids; Omega 6 Fatty Acids dan Oteic Acid.
Tentu saja kandungan vitamin, dan zat gizi tersebut diatas sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia, terutama penyakit diabetes melitus, hipertensi, kolesterol dan trigliserida tinggi. Jika keempat faktor risiko itu tidak dicegah, atau dikelola dengan benar jika sudah terjadi bisa mengakibatkan risiko komplikasi serangan stroke dan jantung koroner. Itulah sebabnya bekatul yagn kami kelola ini semakin di cari orang. 
Dahulu pesanan ricebran/bekatul ini hanya dalam jumlah beberapa box saja, kemudian semakin meningkat menjadi ratusan box, ribuan box dan sekarang ada order bekatul curah dalam nilai bobot ton bukan kuintal lagi, dan konsumen pun semakin menyebar mulai dari Batam, Pekanbaru, Palembang, Jambi, Pontianak, Tarakan, Banjarmasin, Makasar, Denpasar Bali, kota-kota di Jawa Timur, Jawa tengah, DIY, dan tentu saja Jabodetabek adalah konsumen terbesar kami. Ini semua menunjukkan kesadaran masyarakat bahwa natural food seperti ricebran/bekatul besar manfaatnya bagi kesehatan dan mudah dipesan di http://ricebran-center.blogspot.com dan harganya sangat terjangkau. Mencegah itu lebih baik daripada mengobati setelah terjadi sakit. Silakan siapa yang ingin menjadi reseller bekatul kami, peluang masih terbuka luas. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

Tidak ada komentar: