BEKATUL (RICE BRAN) YANG MENYEHATKAN

RICEBRAN-CENTER MITRA SEHAT ANDA SEPANJANGA MASA, MENYEDIAKAN BEKATUL KESEHATAN UNTUK SEMUA ORANG

Rabu, 28 Januari 2015

MENGUAK RAHASIA KHASIAT BEKATUL

Rice bran atau bekatul adalah lapisan luar biji padi yang kaya vitamin yang mengelilingi endosperm dari seluruh jenis beras. Sementara terdiri dari hanya 8% dari berat  total gabah.  Minyak bekatul yang  terkandung didalamnya berpotensi merusak bekaul secara keseluruhan, tetapi  setelah mengalami proses stabilisasi yang efektif maka sifat merusak dari minyak bekatul itu dapat dieliminasi dan dapat menjamin kesegaran rice bran atau bekatul sampai diatas enam bulan lamanya.

Rice bran atau bekatul kaya akan vitamin B komplek (B1, B2, B3, B5, dan B6), vitamin E (tocopherols dan tocotrienols), carotenoids, asam lemak esensial, dietary fiber, asam amino, g-oryzanol, polyphenols, mineral, dan phytosterols. Komponen-komponen bioaktif bekatul banyak terdapat pada pada bagian seed coat dan aleurone layer.

Bran, juga dikenal sebagai bran miller, adalah lapisan luar dari biji-bijian sereal yang terdiri dari aleuron dan pericarp gabunganBran merupakan bagian integral dari biji-bijian, dan sering diproduksi sebagai produk sampingan dari penggilingan dalam produksi biji-bijian olahan. Ketika bran dihapus dari biji-bijian, biji-bijian kehilangan sebagian besar dari nilai gizi mereka.  Bran merupakan hasil dari penggilingan digiling dari biji-bijian sereal, termasuk beras. Jangan bingung membedakan bran dengan sekam yang merupakan bagian kulit yang paling luar dari biji padi.

Bran termasuk rice bran sangat kaya serat dan asam lemak esensial diet dan berisi jumlah yang signifikan dari pati, protein, vitamin, mineral dan asam fitat diet, yang merupakan antinutrient yang mencegah penyerapan nutrisi. Kandungan minyak esensial yang tinggi dalam rice bran atau bekatul menjadi salah satu alasan yang membedakan dari sereal yang lain. Dengan proses pemanasan pada suhu tertentu maka rice bran atau bekatul dapat menjadi lebih awet tanpa tanpa mengurangi kulaitas dan tidak perlu tambahan bahan pengawet.

Manfaat bekatul diantaranya adalah dapat meminimalkan kadar kolesterol darah, yaitu low density lipo-protein (LDL) colesterol dan very low density lipo-prortein (VLDL) colesterol, serta dapat meningkatkan kadar high density lipo-protein (HDL) kolesterol darah. Kemampuan bekatul dalam meminimalkan kadar kolesterol disebabkan adanya kandungan g-oryzanol dan kandungan asam lemak tidak jenuh.

Rice bran atau bekatul juga memiliki kemampuan menurunkan tekanan darah dan meningkatkan metabolisme glukosa dengan menggunakan hewan percobaan, yang disebut stroke-pronespontaneously hypertensive rats (SHRSP); spesies tikus yang secara genetik mengalami hipertensi dan hiperlipidemia. Mekanisme penurunan tekanan darah melalui penghambatan kerja enzim angiotensin I-converting enzyme (ACE); suatu enzim yang bertanggung jawab terhadap peningkatan tekanan darah.

Bekatul juga mengandung asam ferulat (ferulic acid), yang telah diketahui secara luas sebagai antioksidan dan bahan fotoprotektif. Asam ferulat akan melindungi asam lemak melawan kerusakan oksidasi yang disebabkan oleh berbagai jenis polutan, peroksida, dan radikal bebas yang dibentuk selama proses metabolisme tubuh.

Di beberapa negara maju, khususnya di Jepang dan Amerika Serikat, kandungan asam amino yang terdapat pada bekatul telah disuplementasi ke dalam produk-produk kecantikan. Produk-produk tersebut antara lain sabun mandi, pelembab dan pembersih kulit, serta pelembab muka. Tujuan penggunannya adalah untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan kulit. Kandungan asam amino yang terdapat pada bekatul diketahui sangat sesuai untuk memberikan efek perlindungan kulit.

Jangan ragu lagi untuk mengkonsumsi rice bran atau bekatul, karena sudah banyak negara maju yang memanfaatkan keampuhan rice bran atau bekatul ini. Jangan mudah percaya kata orang lain sebelum anda mencoba sendiri.

Tidak ada komentar: